Home Industry Desa Batangan


1.      Pembuatan Nilon
Produksi nilon merupakan usaha turun-temurun sejak tahuan 80-an. Penduduk desa batangan membuat nilon tersebut daritali kapal yang kemudian diolah  menjadi pecut, tali atau tampar. Pembuatan nilon memiliki banyak ukuran mulaidari yang kecil sampai yang paling besar. Nilon dengan ukuran kecil dan sedang dijual dengan harga Rp 2000,00 sampai Rp 5000,00 per meter dan nilon ukuran besar dijual dengan harga Rp 3000,00 per kilo gram. Pemasaran nilon sudah tersebar di pasar-pasar yang ada di Madura.
 

                                                    Gambar 3.1 Nilon

2.      Pembuatan Gaddhang atau Nampan
Pembuatan nampan atau gaddhang sudah lama menjadi mata pencarian penduduk di desa Batangan. Produksi nampan ini merupakan industri rumahan yang pembuatannya masih dalam skala kecil. Pengrajin mampu membuat gaddhang/ nampan sebanyak 15 buah dalam sehari. Gaddhang ukuran besar dijual dengan harga Rp 12.000,00 per buah, sedangkan gaddhang ukuran kecil dijual dengan harga Rp 10.000,00 per buah. Hal ini diakibatkan permintaan konsumen yang masih sedikit dan luasnya persaingan karena pengrajin nampan yang cukup banyak di desa Batangan. Pemasaran gaddhang/ nampan ke pasar yang ada di kabupaten Bangkalan.

3.      Pembuatan Tusuk Sate
Pembuatan tusuk sate diproduksi dengan dua cara yaitu secara tradisional dengan menggunakan parang dan modern menggunakan mesin.Harga tusuk sate yang dibuat secara tradisional  lebih mahal dibandingkan pembuatan dengan mesin. Tusuk sate yang dibuat mengguanakan alat tradisional dijual dengan harga Rp 10.000,00/ ikat, pendistribusiannya ke rumah makan yang ada di Bangkalan dan Surabaya. Tusuk sate yang pembuatannya dengan mesin dijual dengan harga Rp 8.000,00/ ikat.
4.      Pembuatan Arang
Penduduk desa Batangan memproduksi arang dengan bahan dasar batok kelapa. Kualitas arang yang dihasilkan bermacam-macam, ada yang kualitas super dan kualitas biasa. Arang kualitas super dijual dengan harga Rp 5.000,00/ bungkus dan arang kualitas biasa dijual dengan harga Rp 3.000,00/ bungkus.

(a)   (b)

                                                  
Gambar 3.2 Pembuatan Arang(a) bahan dasar arang, (b) pembakaran  batok kelapa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar