Pelatihan Kader Badan Usaha Milik Des (BUMDes) Batangan




Tepat pada tanggal 13 Juli 2019 hari Sabtu malam kelompok KKN 90 kedatangan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Encik Muhammad Fauzan.,S.H.,LL.,M dari Universitas Trunojoyo Madura untuk melaksanakan diskusi terkait pelatihan BUMDes di Desa Batangan dengan para kader yang merupakan Perangkat Desa Batangan dan para Karang Taruna yang memiliki semangat dan inovasi dalam menangani BUMDes ini. 

Proses Musyawarah BUMDes

Para kader yang hadir merasa senang kedatangan pemateri yang bisa memberikan ide - ide maupun inovasi baru untuk pengembangan BUMDes yang sudah ada, namun tidak berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Careg dan beberapa perangkat desa mengeluhkan dan meminta saran untuk meningkatkan pengdapatan BUMDes di Desa Batangan. Masalah yang paling dikeluhkan oleh para kader in adalah masalah administrasi.

Proses Musyawarah BUMDes

Saat ini ada tiga buah usaha dalam BUMDes Batangan ini, yaitu Simpan Pinjam, Ternak Ayam, dan BRILink. Namun ada satu dibidang yang dikeluhkan saat diskusi berlangsung yaitu bidang usaha Simpan Pinjam dikarena kebanyakan warga Desa Batangan ini tidak jujur saat melakukan simpan pinjam kepada BUMDes, akibatnya uang kas semakin sedikit karena warga yang meminjam uang tersebut tidak juga membayar saat ditagih oleh pihak BUMDes. Meskipun BUMDes sudah mengirimkan SP kepada warga yang selalu menunggak saat jatuh tempo pembayaran, warga tetap saja melakukan alasan untuk tidak membayarnya sehingga sangat merugikan BUMDes.

Penyerahan Dana Bantuan BUMDes

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua masalah yang ada dalam BUMDes Batangan saat ini bisa terselesaikan dengan baik dan berjalan dari waktu ke waktu demi kemajuan dan kesejahteraan warga Batangan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar