Pembuatan Pagar Taman Ceria KKN 90 Batangan

Ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lingkungan hidup desa Batangan yang nyaman dan segar, juga sebagai media penyaring udara lingkungan di desa Batangan. Pembuatan pagar sendiri berfungsi sebagai penataan dan penghias tumbuhan supaya lebih rapi dalam taman ceria sebagai salah satu program kerja KKN 90. Pagar taman ceria digunakan untuk mengurangi sisa pembuangan bambu yang sudah tidak dipakai. Dimulai dengan pembersihan bambu agar terlihat rapi dan mudah digunakan.

Proses Pemotongan Bambu
 
Pembersihan dilakukan untuk meminimalisir luka dalam kerja, upas yang dihasilkan dari sisa pembuangan bambu digunakan tambahan bahan pupuk dalam kompos takakura sebagai media penyubur tumbuhan. Setelah pembersihan bisa dilakukan pemilihan tempat penggunaan bambu sendiri. Tata letak bambu dapat memperindah tumbuhan yang dihasilkan dalam taman ceria.

Proses Pemotongan Bambu
 
Penggunaan bambu untuk pagar sebagai alat pengurangan limbah yang dihasilkan. Sisa dari pembersihan bambu juga masih bisa diproduksi untuk bahan kompos takakura. Sebagian tujuan dari program kerja KKN 90 adalah pengurangan hasil limbah yang tak terpakai menjadi kegunaan yang menguntungkan untuk warga desa Batangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar