Pembuatan Rumah Budidaya Jamur Tiram


 Rumah Budidaya Jamur Tiram

Budidaya Jamur merupakan program kerja utama dari kelompok KKN 90. Jenis jamur yang digunakan dalam budidaya ini adalah Jamur Tiram yang sudah biasa dirasakan masyarakat pada umumnya, namun bagi masyarakat Desa Batangan ini adalah hal yang baru bagi mereka.

Proses Menata Bibit Jamur Tiram

Kenapa ini menjadi hal baru bagi mereka ? Latar belakang dari pengambilan keputusan program ini dikarenakan kegiatan rutin setiap satu tahun sekali para warga Batangan yang berbondong - bondong pergi ke hutan hanya untuk memanen Jamur liar yang tumbuh di sekitar hutan tersebut dan bisa dikonsumsi tentunya. Bisa disimpulkan bahwa satu tahun sekali ada musim Jamur di Desa Batangan ini.



Kegiatan berburu Jamur hutan ini dilakukan di waktu yang sangat pagi setelah sholat subuh atau bahkan sebelum subuh para warga sudah asik berebutan Jamur hutan yang lezat ini. Dari kegiatan yang dilakukan warga Batangan, kami mencoba membuat inovasi baru berupa Budidaya Jamur Tiram, meskipun rasa dari Jamur Tiram ini sedikit berbeda dengan jamur liar yang biasanya tumbuh di hutan. 

Dengan adanya progam budidaya jamur ini, setidaknya warga batangan dapat menikmati Jamur setiap saat, tanpa menunggu musim Jamur hutan satu tahun sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar