Seminar Budidaya Jamur dan Kompos Takakura Kelompok KKN 90



Tepat pada hari Sabtu, 13 juli 2019 kelompok KKN 90 menggelar acara yaitu seminar Budidaya Jamur dan Pembuatan Kompos Takakura yang dibawakan oleh Kakak Umar Faruq dan Kakak Dani sebagai pemateri Budidaya Jamur dan Kakak Devy Nursantika sebagai pembawa materi Pembuatan Kompos Takakaura.

  Seminar Budidaya Jamur

 Seminar Budidaya Jamur

Pemateri dari Budidaya Jamur ini adalah Petani Jamur Tiram di kabupaten Bangkalan dan sudah bisa dibilang sudah sukses dalam usaha jamur tersebut. Pemateri dari jamur memberikan materi yang sangat kompleks kepada masyarakat yang menghadiri seminar tadi, pemateri memberi tahu tata cara membudidayakan jamur tiram itu dengan benar. Antuasias warga dalam mengikuti kegiatan seminar ini sangat besar, banyak warga yang bertanya, mulai dari proses budidaya jamur, perawatan jamur, sampai masa panen jamur. Budidaya jamur tiram ini bisa menjadi salah satu peluang usaha baru bagi warga desa Batangan, dikarenakan penjual jamur tiram di kabupaten Bangkalan masih sedikit, sedangkan permintaan pasar sangat banyak kata Kakak - kakak pemateri.
Seminar Kompos Takakura

Seminar Kompos Takakura

Pemateri dari Pembuatan Kompos Takakura adalah salah satu anggota kelompok KKN 90 berasal dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoo Madura. Materi pembuatan kompos ini bertujuan untuk mendaur ulang limbah yang ada disekitar masyarakat desa Batangan menjadi sebuah pupuk / kompos yang bermanfaat untuk tanaman pertanian masyarakat. Limbah yang bisa dimanfaatkan sangat mudah didapat, seperti kotoran ternak, rumput kering, dan sekam padi. Antusias warga dalam mengikuti seminar Kompos Takura ini sangat besar. Ketika waktu praktik banyak warga yang memperhatikan dengan seksama proses pembuatan kompos ini.

 
 Produk Olahan Jamur

Produk Olahan Jamur

Setelah semua materi selesai, acara selanjutnya adalah pengenalan produk olahan Jamur Tiram oleh kelompok KKN 90. Produk yang ditawarkan ada tiga buah, yaitu Jamur Tiram Segar, Jamur Krispi, dan Pentol Jamur. Produk kami kenalkan mulai dari cara pembuatan sampai dengan pengemasan dan siap dipasarkan. Kami juga memberi kesempatan kepada warga untuk mencoba semua produk olahan Jamur Tiram. Banyak warga yang menyukai produk olahan Jamur Tiram dari segi rasa dan tertarik dengan kemasan produk kami. Ini merupakan hal baru baru warga Batangan dan antusias warga sangat positif sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar